Senin - Jumat8.30 AM - 4.30 PM
Member ofPT Solusi Makmur Sejahtera
Visit our social pages

Langkah Membuat PT atau Perseroan Terbatas

November 2, 2023by Konsultan HRD

Perseroan Terbatas, atau PT, adalah suatu badan hukum yang independen dan terpisah dari para pendirinya. PT memiliki modal dasar yang terbagi dalam bentuk saham-saham yang dimiliki oleh para pemegang saham. Tanggung jawab para pemegang saham terbatas sesuai dengan jumlah saham yang mereka miliki. Regulasi PT diatur oleh Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan revisinya, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Untuk mendirikan PT, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Setelah terbitnya UU Cipta Kerja, beberapa syarat baru diperkenalkan, termasuk penyediaan fotokopi KTP dan NPWP bagi pemegang saham dan pengurus. Selain itu, perusahaan harus memiliki bukti sewa atau kepemilikan tempat usaha, surat keterangan domisili, serta surat keterangan RT/RW sesuai dengan lokasi perusahaan.

Prosedur pendirian PT melibatkan beberapa langkah penting. Pertama, Anda harus menyiapkan data pendirian PT, termasuk pemilihan nama perusahaan yang unik, domisili usaha yang mematuhi peraturan setempat, serta menyusun maksud dan tujuan usaha yang sesuai dengan klasifikasi usaha yang relevan. Anda juga perlu merencanakan struktur modal, mengatur kepengurusan perusahaan, dan membuat akta pendirian PT.

Langkah kedua adalah membuat akta pendirian PT dengan bantuan notaris yang berwenang. Akta ini berisi informasi tentang perusahaan, modal dasar, saham, dan identitas para pendiri. Setelah itu, langkah ketiga adalah mengurus pengesahan surat keputusan menteri yang menyatakan bahwa PT Anda telah disahkan sebagai badan hukum.

Langkah keempat adalah pembuatan NPWP perusahaan, yang merupakan nomor identitas perusahaan sebagai wajib pajak. Selanjutnya, langkah kelima adalah membuat NIB perusahaan di OSS RBA, yang juga berfungsi sebagai izin usaha. Penting untuk menentukan KBLI yang sesuai dengan bidang usaha Anda.

Langkah keenam adalah mendaftarkan karyawan perusahaan ke BPJS Ketenagakerjaan, yang memberikan perlindungan sosial kepada pekerja. Terakhir, jika diperlukan, Anda harus mengurus sertifikat standar kualitas produk atau jasa perusahaan.

Dengan mengikuti semua langkah ini, Anda dapat mendirikan PT yang legal dan profesional di Indonesia. Tetapi jika Anda merasa kesulitan, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan jasa konsultan bisnis yang berpengalaman seperti Solusi Human Capital & Business Consultant untuk membantu Anda dalam proses pendirian PT. Mereka juga dapat membantu Anda dengan berbagai aspek administratif dan manajemen perusahaan.

Rate this post

Konsultan HRD

SOLUSI Training & ConsultantKontak Kami
PT Solusi Makmur Sejahtera
KANTOR KAMIHead Office
https://konsultanhrd.co.id/wp-content/uploads/2023/06/jakarta-map-putih-2023-opsi.png
GET IN TOUCHSolusi Social links
Update metode pengembangan SDM Solusi Human Capital & Business Consultant

Copyright © PT Solusi Makmur Sejahtera 2024. All rights reserved.

Rate this post
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang
Telp Sekarang 0811-1111-9990