Senin - Jumat8.30 AM - 4.30 PM
Member ofPT Solusi Makmur Sejahtera
Visit our social pages

Training Audit Compliance untuk Mengatasi Masalah Perusahaan

July 25, 2022by Konsultan HRD

Training audit compliance merupakan pelatihan dasar untuk melakukan proses audit. Proses ini dilakukan secara formal atas laporan keuangan yang telah dihasilkan pada individu, bisnis ataupun organisasi.

Proses pelaksanaan audit ini akan ada beberapa serangkaian langkah guna menunjang proses yang berhubungan dengan laporan keuangan perusahaan. Pada umumnya terdapat dua tipe pekerjaan audit yang perlu diketahui yaitu audit internal dan audit eksternal.

 Contoh Proses Audit Dalam Training Audit Compliance

  1. Meminta Dokumen Penunjang

Dalam melakukan kegiatan proses audit setelah melakukan konfirmasi bahwasanya auditor akan datang ke klien yang akan diaudit. Maka pihak auditor akan langsung menginformasikan untuk meminta beberapa dokumen yang dibutuhkan dan berhubungan dengan kebutuhan audit. Bahkan dalam hal ini auditor telah mengirimkan sejumlah daftar dokumen yang dibutuhkan pada klien supaya dilakukan audit checklist.

Dokumen yang dibutuhkan dalam proses audit tersebut bisa mencakup beberapa salinan laporan audit yang dilakukan sebelumnya, nota keuangan, rekening koran dan buku besar.

Selain itu dari pihak auditor juga akan meminta sebuah bagan organisasi dari klien bersamaan dengan beberapa daftar nama dewan serta komite yang memiliki peranan penting dalam perusahaan tersebut.

  1. Menyiapkan Perencanaan Proses Audit

Training audit compliance adalah sebuah pelatihan yang dilakukan oleh auditor guna memahami pembuatan perencanaan atas proses audit yang nantinya akan dilakukan. Auditor akan melakukan pemeriksaan informasi yang ada pada dokumen dan membuat perencanaan proses audit dengan jelas dan detail. Setiap auditor mempunyai gaya untuk melakukan audit yang berbeda namun tetap memahami kode etik sebagai auditor.

Melalui workshop risiko bisa dilakukan dari tim audit guna identifikasi adanya kemungkinan timbulnya masalah pada saat proses melakukan audit. Setelah itu auditor juga akan menyusun perencanaan audit sesuai dengan workshop ataupun diskusi yang sebelumnya sudah dilakukan oleh semua tim audit.

  1. Membuat Jadwal Rapat Terbuka

Menjalankan proses audit maka pihak auditor harus mengundang beberapa pihak yang memiliki peranan dalam melakukan kegiatan audit. Auditor harus mengundang manajemen senior, general affair ataupun staf administrasi utama dari klien untuk mengikuti rapat terbuka.

Pada agenda rapat terbuka pihak auditor akan mempresentasikan ruang lingkup audit yang nantinya akan dilakukan. Selain itu juga akan menginformasi terkait lama waktu melakukan proses audit dan beberapa masalah lain yang perlu dibahas mengenai audit perusahaan klien.

Dari setiap kepala departemen pihak klien bisa diminta tolong untuk langsung mengkomunikasikan pada staf terkait kemungkinan adanya wawancara dari auditor.

  1. Memulai Kerja di Lapangan

Training audit compliance untuk karyawan dibutuhkan agar bisa langsung terjun melakukan proses audit di lapangan. Dalam hal ini pihak auditor akan mengambil informasi yang sudah dikumpulkan dari rapat terbuka dan menggunakan dokumen tersebut guna merealisasikan perencanaan audit yang sudah ditentukan sebelumnya.

Pekerjaan di lapangan akan dilaksanakan dengan mengkomunikasikan pada anggota staf dan melakukan peninjauan terkait prosedur dan proses audit.

Selain itu auditor akan menguji tingkat kepatuhan klien mengenai pencatatan dan pembuatan laporan keuangan apakah sudah sesuai dengan PSAK. Lalu juga meninjau kontrol internal yang perlu dievaluasi guna memastikan bahwa sudah dijalankan secara reliabel dan tersistem.

Auditor bisa langsung mendiskusikan jika terdapat sebuah masalah muncul ketika dilakukan proses audit perusahaan guna memberi klien kesempatan dalam memberikan feedback.

  1. Penyusunan Laporan

Konsultasi HR Lampung terkait pembuatan laporan atas audit yang sudah dilakukan yang berisi perincian temuan audit. Laporan audit merangkum semua kesalahan matematis yang sifatnya material ataupun tidak material, pembayaran ter-otorisasi namun tidak dibayarkan dan temuan yang lain. Auditor akan menuliskan semua penemuan dari proses audit dan merekomendasikan sebuah solusi pada klien.

Itulah terkait uraian pembahasan training audit compliance yang diperlukan oleh sebuah perusahaan. Dengan menggunakan auditor maka bisa diketahui masalah dan solusi yang tepat untuk perusahaan.

Jasa Konsultan HRD dan Manajemen SDM di Jakarta dan Sekitarnya | SOLUSI TRAINING and CONSULTING | Hubungi 0811-127-7979 (Telp / WA) Aktif 24 Jam.

Training Audit Compliance

Konsultan HRD

SOLUSI Training & ConsultantKontak Kami
Secara organik menumbuhkan pandangan dunia holistik tentang inovasi melalui pemberdayaan.
KANTOR KAMIHead Office
https://konsultanhrd.co.id/wp-content/uploads/2021/03/jakarta-map-putih.png
GET IN TOUCHSolusi Social links
Update metode pengembangan SDM Solusi Human Capital & Business Consultant

Copyright © PT Solusi Makmur Sejahtera 2022. All rights reserved.

Call Now ButtonTelp Sekarang 0811-127-7979
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang