Senin - Jumat8.30 AM - 4.30 PM
Member ofPT Solusi Makmur Sejahtera
Visit our social pages

Kiat Menghadapi Psikotes untuk Perusahaan Bagi Pelamar

July 11, 2022by Konsultan HRD

Bagi yang tengah mempersiapkan wawancara lamaran kerja, kerap pelamar juga harus berhadapan dengan psikotes untuk perusahaan. Banyak pelamar yang gugur dalam proses seleksi ini sehingga tidak bisa masuk ke tahap lanjutan. Sehingga ketahui dahulu seluk beluk tes satu ini agar diri lebih siap untuk “bertempur” mengerjakannya.

Berbagai Jenis Psikotes Paling Sering Muncul Saat Melamar Kerja

  1. Tes Intellectual Quotient

Tes ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang dalam menggunakan angka dan bahasa. Jadi biasanya tes berupa pertanyaan kombinasi antara huruf dan angka.

  1. Tes Psikotes Spasial

Untuk menjawab psikotes untuk perusahaan dalam uji spasial, peserta membutuhkan imajinasi yang tinggi untuk memproses data mengenai rekayasa bangun ruang.

  1. Tes Psikologi Draw a Man

Peserta akan diminta menggambar seorang karakter manusia dan mereka bebas menentukan detail apapun pada sosok yang digambarnya. Tes ini bertujuan menggali informasi mengenai kestabilan dalam bekerja, tingkat percaya diri, serta tanggung jawab.

  1. Tes Pauli

Berupa pola-pola angka yang mana pesertanya harus menambahkan sendiri angka lanjutan. Jadi untuk bisa menjawabnya dengan benar maka peserta harus mengetahui bagaimana polanya, entah dengan cara kali, bagi, tambah, atau kurang.

  1. Tes Matematika Serta Penalaran Logika

Tujuan tes psikotes untuk perusahaan ini ialah untuk menggali informasi mengenai kemampuan aritmatika serta penalaran logika peserta. Biasanya jenis soal berisikan angka dengan pola-pola bergambar. Kemudian tugas peserta ialah melanjutkan pola-pola tersebut sesuai pemikirannya. Meski terlihat mudah, namun dibutuhkan ketelitian tinggi dalam menyelesaikannya.

  1. Tes EPPS

Dalam tes ini peserta akan diminta untuk menjawab pertanyaan dua opsi A dan B. Hasil jawaban akan mampu menggambarkan kepribadian seseorang.

  1. Tes Analogi Verbal

Ciri khas tes ini ialah menampilkan berbagai kosa kata di mana peserta diminta menentukan antonim, sinonim, atau pun kelanjutan kata dari soal yang tersaji.

  1. Tes Wartegg

Akan ditemukan berbagai simbol membentuk pola tertentu seperti: titik, garis, lengkungan, dan lain sebagainya dalam tes ini. Nantinya peserta diminta merangkai sesuatu dengan menggunakan pola-pola itu.

Kiat Menghadapi Psikotes untuk Perusahaan Bagi Pelamar

  1. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Jika melamar pada sebuah perusahaan besar, tentu konsultan HR Jabotabek akan melakukan proses seleksi dengan ketat. Jadi biasanya psikotes ini dipakai sebagai saringan kedua setelah para HRD menentukan kualitas ribuan CV yang sampai pada mereka. Agar bisa mengerjakan soal dengan baik, tentu pelamar harus percaya diri. Sehingga dari pikiran positif itulah nantinya peserta bisa berpikir secara lebih jernih. Mengerjakan dengan perasaan percaya diri tentu berpengaruh pada hasil tes ketimbang menyelesaikannya dengan penuh rasa khawatir dan cemas.

  1. Konsentrasi Dengan Penuh

Berkonsentrasilah ketika berhadapan dengan soal-soal psikotes untuk perusahaan. Dengan begitu peserta bisa membaca segala instruksi secara benar. Melalui fokus yang baik berbagai ide dan jawaban bisa muncul di kepala. Ingatlah untuk mengisi perut terlebih dahulu dengan memakan makanan sehat dengan gizi seimbang. Hindari asupan karbohidrat sederhana terlalu banyak karena malah akan mendatangkan rasa kantuk.

  1. Persiapan Diri Secara Matang

Jangan lupa sebelum pelaksanaan tes, lakukan persiapan matang dengan mempelajari soal-soal psikotes dengan baik. Umumnya inti pertanyaan psikotes memiliki karakteristik yang sama. Sehingga dengan mencermatinya peserta dapat melihat pola-pola tersebut yang nantinya mempermudah pengerjaan soal. Untuk jenis-jenis pertanyaan psikotes, bisa didapat di mana saja baik melalui internet atau pun buku-buku terkait. Selain itu video-video tutorial pun bertebaran di berbagai platform dan bisa diakses secara gratis.

Psikotes untuk perusahaan merupakan tolak ukur untuk mengetahui karakter, pola pikir, hingga cerminan kepribadian pelamar. Jadi ketika seseorang berhasil melalui ujian ini, selanjutnya akan diarahkan untuk wawancara. Apabila lolos dan benar-benar diterima bekerja, maka buktikan kualitas diri untuk menyelesaikan tugas yang diemban dengan baik.

Jasa Konsultan HRD dan Manajemen SDM di Jakarta dan Sekitarnya | SOLUSI TRAINING and CONSULTING | Hubungi 0811-127-7979 (Telp / WA) Aktif 24 Jam.

Psikotes untuk Perusahaan

Konsultan HRD

SOLUSI Training & ConsultantKontak Kami
Secara organik menumbuhkan pandangan dunia holistik tentang inovasi melalui pemberdayaan.
KANTOR KAMIHead Office
https://konsultanhrd.co.id/wp-content/uploads/2021/03/jakarta-map-putih.png
GET IN TOUCHSolusi Social links
Update metode pengembangan SDM Solusi Human Capital & Business Consultant

Copyright © PT Solusi Makmur Sejahtera 2022. All rights reserved.

Call Now ButtonTelp Sekarang 0811-127-7979
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang