Senin - Jumat8.30 AM - 4.30 PM
Member ofPT Solusi Makmur Sejahtera
Visit our social pages

Fungsi Training Corporate Communication Bagi Perusahaan

July 26, 2022by Konsultan HRD

Training corporate communication sangat penting bagi perusahaan supaya bisa berkomunikasi dengan baik pada semua audience baik itu internal ataupun eksternal.

Mengingat dalam hal ini jenis audien sangat bervariasi dan ketika berhubungan dengan perusahaan, maka akan berkaitan dengan beberapa elemen dari eksternal perusahaan. Contohnya seperti pelanggan potensial, stakeholder hingga karyawan perusahaan.

 Fungsi Training Corporate Communication

Komunikasi krisis pada perusahaan besar tentunya sudah menyediakan perencanaan yang matang apabila perusahaan di kemudian hari akan dilanda krisis. Perusahaan akan mempersiapkan corporate communication yang kompeten di bidangnya sehingga komunikasi bisa dijalankan dengan baik ketika menghadapi krisis.

Sebab corporate communication memiliki pengaruh yang cukup besar untuk menjaga reputasi perusahaan itu sendiri melalui komunikasi yang dijalankan dengan hati-hati. Komunikasi yang dilakukan pada saat perusahaan dalam kondisi krisis maka harus dilakukan secara profesional dan bertanggung jawab, berikut fungsinya:

  1. Branding Perusahaan

Training corporate communication berpengalaman bisa membantu dalam menciptakan branding pada perusahaan. Corporate communication memiliki tanggung jawab dalam menyampaikan pesan, menjaga image perusahaan, menciptakan reputasi yang bagus serta menyampaikan tujuan pada publik.

  1. Menyampaikan Informasi

Corporate communication memiliki manfaat untuk menjalankan sebuah komunikasi antar pegawai internal. Peranannya ini sangat bermanfaat dalam pengurusan berbagai informasi yang berhubungan langsung dengan perusahaan. Dalam hal ini corporate communication dapat membagikan sebuah tujuan dan juga visi perusahaan pada semua karyawan.

Corporate communication bisa membuka sebuah ruang dialog untuk karyawan dan peranan ini bisa memberikan karyawan untuk merasa terlibat dalam keikutsertaan kemajuan perusahaan. Bahkan dengan adanya beberapa inovasi bisa memunculkan terjadinya kolaborasi antar departemen yang ada di dalam perusahaan.

  1. Memperbaiki Produktivitas Kerja

Produktivitas kerja sangat dibutuhkan pada perusahaan guna meningkatkan penjualan. Bahwasanya komunikasi memiliki pengaruh yang sangat besar untuk menyelesaikan masalah. Corporate communication secara internal bisa membuat pegawai merasa lebih bebas untuk konsultasi mengenai kesulitan dari anggota tim perusahaan. Dengan begitu semua pekerjaan bisa lebih cepat selesai dibandingkan pegawai harus mencari solusinya sendiri.

Tips Menjalankan Corporate Communication

Training corporate communication karyawan memang dibutuhkan agar bisa melakukan komunikasi yang lebih baik. Apabila corporate communication memiliki fungsi yang baik untuk jalannya perusahaan tentunya juga terdapat cara yang tepat dalam menjalankan corporate communication ini.

Adapun beberapa tips yang bisa dijalankan sebagai corporate communication sebagai berikut:

  • Memastikan dan membaca semua email yang telah dikirimkan oleh klien ataupun karyawan guna memastikan bahwasanya Anda adalah orang profesional yang memegang corporate communication.
  • Guna menciptakan komunikasi perusahaan yang lebih efisien dengan memanfaatkan alat komunikasi yang ada di perusahaan dengan teknologi tinggi.
  • Harus yakin dengan apa yang dilakukan untuk tujuan perusahaan.
  • Memastikan pada semua peserta meeting bahwasanya Anda adalah seseorang profesional dan fokus 100% pada kegiatan meeting yang diselenggarakan.
  • Memiliki sikap terbuka untuk menjalankan komunikasi bersama siapa saja namun harus tetap mengedepankan hati-hati pada segala jenis bentuk komunikasi secara tulis ataupun lisan.
  • Menjaga dan memisahkan kepentingan pribadi dan pekerjaan, pastikan tidak sampai mencampuri urusan pribadi dengan pekerjaan yang membuat corporate communication menjadi tidak profesional.
  • Menghormati semua pegawai perusahaan baik itu yang berada di posisi bawah atau atas.
  • Menyampaikan maksud secara jelas dan tidak perlu membahas suatu hal yang tidak penting untuk disampaikan.
  • Corporate communication yang berkonsultasi dengan konsultan HR Jawa barat tentu akan diarahkan supaya memiliki peranan dalam mendengarkan perkembangan terbaru sejak awal sebelum orang-orang yang ada di sekitarnya lebih mengetahui.
  • Menjalankan komunikasi selayaknya profesional sebagai corporate communication karena perusahaan membutuhkan sikap seseorang yang berkompeten dalam berkomunikasi secara profesional.

Itulah beberapa penjabaran terkait training corporate communication yang dijalankan pada sebuah perusahaan untuk bertanggung jawab berkomunikasi pada internal dan eksternal perusahaan. Corporate communication memiliki tanggung jawab yang besar dalam membantu perusahaan untuk menjaga reputasi baiknya.

Jasa Konsultan HRD dan Manajemen SDM di Jakarta dan Sekitarnya | SOLUSI TRAINING and CONSULTING | Hubungi 0811-127-7979 (Telp / WA) Aktif 24 Jam.

training corporate communication

Konsultan HRD

SOLUSI Training & ConsultantKontak Kami
Secara organik menumbuhkan pandangan dunia holistik tentang inovasi melalui pemberdayaan.
KANTOR KAMIHead Office
https://konsultanhrd.co.id/wp-content/uploads/2021/03/jakarta-map-putih.png
GET IN TOUCHSolusi Social links
Update metode pengembangan SDM Solusi Human Capital & Business Consultant

Copyright © PT Solusi Makmur Sejahtera 2022. All rights reserved.

Call Now ButtonTelp Sekarang 0811-127-7979
WhatsApp WhatsApp Kami Sekarang